Senin, 02 Januari 2012

Tahun Baru, Semangat Hidup Baru!

Selamat Tahun Baru 2012!!

Lakukan perubahan dalam hidup anda SEKARANG!!
Webkonseling ingin mengajak Anda semua untuk mengawali tahun ini dengan rasa bersyukur terhadap kehidupan yang telah diberikan oleh Tuhan YME. Sebaiknya tidak terlalu membesar-besarkan dan hanya fokus terhadap segala aspek negatif yang terjadi di dalam hidup, karena apabila demikian, anda akan stuck dengan perasaan putus asa, hampa, sedih, berat, terbebani, dan sebagainya.

Semua masalah yang diberikan oleh Tuhan YME merupakan bentuk dari cobaan hidup yang akan membantu anda semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan menyerah karena apabila anda tetap berusaha, maka anda akan menemukan jalan keluar yang terbaik bagi masalah anda. Salah satu yang dapat membantu diri anda adalah dengan menerapkan pemikiran positif di awal hari, setiap hari ketika anda akan memulai rutinitas anda.

Mari mengawali hari anda dengan pikiran positif:
  • Saya akan mengawali hari dengan senyuman hari ini
  • Saya pantas untuk mendapatkan kebahagiaan
  • Saya akan terus berusaha untuk mencapai tujuan
  • Saya tidak akan membiarkan orang lain membuat hati saya sedih atau kecewa
  • Saya mau melakukan perubahan yang positif pada hidup saya
  • Saya bisa melalui cobaan ini apabila saya tidak menyerah dan putus asa
  • Saya akan membuat lingkungan sekitar saya positif karena saya
  • Saya akan menyelesaikan apa yang belum dapat saya selesaikan tahun lalu
  • Saya akan lebih sukses dalam menata kehidupan saya tahun ini
  • Saya harus mampu melepaskan diri dari kesedihan dan kerapuhan yang ada di dalam diri saya
  • Saya tidak akan menggantungkan kebahagiaan saya kepada orang lain
  • Saya tidak mau menggantungkan hidup saya kepada orang lain
  • dsb.


Tuliskan harapan-harapan anda untuk tahun ini, serta tunjukkan komitmen kepada diri anda sendiri bahwa anda bisa mencapai harapan-harapan tersebut. Jangan berharap kepada orang di sekitar anda untuk dapat memenuhi keinginan anda, karena dengan demikian anda akan mudah dikecewakan oleh lingkungan. 

"Jiwa yang sehat adalah ketika seseorang dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan situasi yang TIDAK SELALU berjalan sesuai dengan keinginannya."

Rasa bersyukur merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk memulai introspeksi diri. Hal utama adalah mengetahui bahwa seberapa sulitnya kehidupan yang kita jalani, pastinya masih ada banyak hal yang perlu kita syukuri.

Lihatlah diri kita sendiri dan tanyakan:

  • Sempurnakah fisikku yang diberikan oleh Tuhan YME dan dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing?
  • Bebas dari penyakitkah diriku saat ini?
  • Adakah anak-anak di sekelilingku yang bisa menemaniku agar tidak merasa kesepian?
  • Adakah yang masih mau membantuku ketika sakit?
  • Adakah yang masih peduli denganku?
  • Adakah suami/istri yang menyayangiku?
  • Adakah pekerjaan yang membuatku memiliki kegiatan sehari-hari?
  • Adakah teman-teman yang siap menerimaku di saat sulit?
  • Adakah keluarga yang mencintai dan menyayangiku apa adanya?
  • Cukupkah rejeki yang kuterima dari Tuhan YME?
  • Masih mampukah aku membantu orang lain tanpa merasa kekurangan?
  • Masih mampukah aku berpikir positif?
  • Dan masih banyak lagi pertanyaan yang bisa ditujukan kepada diri sendiri untuk menyadarkan anda bahwa hidup anda penuh dengan berkah.

Apabila salah satu jawabannya adalah YA, maka anda masih memiliki alasan untuk mensyukuri kondisi anda. Pertanyaan-pertanyaan yang kelihatannya sepele, bisa dijadikan satu titik untuk memutarbalikkan kondisi anda saat ini. Yang anda perlu lakukan adalah berusaha dan konsisten dengan komitmen terhadap diri sendiri.

"Jangan menunggu orang lain untuk melakukan perubahan. Perubahan dimulai dari diri anda sendiri. Tidak menunggu orang lain dan berharap kepadanya untuk membuat anda bahagia. Kebahagiaan bisa didapat dari dalam diri sendiri"
Maka, mari kita mengawali awal tahun yang baik ini dengan pemikiran yang baik pula. Kurangi mengeluh, tambahkan usaha untuk merubah situasi anda. Jangan biarkan diri anda terkunci di dalam sebuah kondisi yang tidak membuat anda merasa nyaman. Jangan nikmati kesedihan dan kondisi diri yang putus asa. Buatlah perubahan sekarang, dan perubahan itu berawal dari rasa bersyukur. 

Tidak ada komentar: