Sabtu, 29 November 2008

Kenalilah Simtom Gangguan Mood - Depresi


Setiap orang pasti pernah mengalami fase-fase berat dalam hidupnya seperti ditinggalkan/diputuskan pacar, mengalami kegagalan, kematian orang yang disayangi dll. Peristiwa-peristiwa tersebut merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Namun tidak semua orang dapat melewati peristiwa tersebut dengan mudah. Ada yang pulih dalam waktu singkat, ada pula yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pulih. Ada yang dapat dengan wajar melakukan aktifitasnya sehari-hari, ada pula yang sulit untuk berfungsi secara normal dalam proses pemulihan. 

Kesedihan atau sadness biasanya mewarnai hari-hari orang yang sedang tertimpa peristiwa yang menyakitkan. Meskipun kesedihan merupakan bentuk emosi yang wajar, tetapi apakah masih tergolong wajar apabila kesedihan datang sepanjang hari, berturut-turut hingga menganggu aktifitas kita sehari-hari?

Bila hal itu terjadi, waspadailah ! karena hal itu merupakan sebagian dari tanda-tanda gangguan mood-depresi. Depresi biasanya muncul dari perasaan kesedihan apabila kita kehilangan sesuatu (loss) yang berharga yang dapat mengancam diri kita. Misalnya, kehilangan kepercayaan diri karena kegagalan, ditinggalkan oleh orang yang berarti/dicintai, kehilangan pekerjaan karena pensiun atau PHK dll. 

Depresi sering terjadi pada sebagian orang, namun kapankah depresi yang dialami bisa disebut gangguan. Ada beberapa simtom-simtom yang harus diwaspadai sebagai gangguan depresi, yaitu : 
  • Mood depresi yang dirasakan hampir sepanjang hari dan setiap hari. Mood ini dapat berupa mood yang mudah tersinggung, sedih, dan putus asa.
  • Penurunan kesenangan atau minat yang drastis dalam semua atau hampir semua aktifitas, sepanjang hari dan hampir setiap hari
  • Setiap hari (hampir setiap hari) mengalami kesulitan tidur (insomnia) atau sebaliknya tidur yang berlebihan
  • Kehilangan atau penambahan berat badan yang signifikan
  • Lambatnya respon gerakan hampir setiap hari
  • Perasaan lelah atau kehilangan energi hampir setiap hari
  • Perasaan tidak berharga, atau rasa bersalah yang berlebihan atau tidak tepat hampir setiap hari.
  • Berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi, berpikir jernih atau membuat keputusan hampir setiap hari
  • Pikiran yang muncul berulang tentang kematian atau bunuh diri tanpa perencanaan yang spesifik atau munculnya suatu percobaan bunuh diri atau rencana spesifik untuk bunuh diri

Bila anda atau kerabat terdekat anda mengalami hal-hal seperti diatas, maka sebaiknya anda cepat melakukan konsultasi agar masalah anda dapat segera ditangani. 

Semoga bermanfaat !

Regards,
STAFF WEB KONSELING

2 komentar:

adit mengatakan...

kalo boleh saya tahu,gimana ya caranya konsultasi?ini kan cuma ninggalin komentar ya?
sebelumny trmksih

Web Konseling Staff mengatakan...

Untuk konsultasi online gratis mohon scroll website sampai bagian paling bawah dan isi formulir yang berjudul KONSULTASI DISINI

Terima Kasih.