Selasa, 05 Mei 2009

THE VITAMINS FOR THE SOUL

WHY?

Kesehatan adalah salah satu hal terpenting dalam diri kita yang harus tetap dijaga selama kita hidup. Kamu pun pasti tahu bahwa semakin bertambah umurmu, semakin terasa bahwa kesehatan jasmani dan rohani kamu menjadi hal yang paling berharga. Banyak orang membayar jutaan bahkan sampai puluhan juta rupiah untuk menyembuhkan diri mereka dari bermacam-macam penyakit. Banyak pula yang menyesal apabila mereka telah kehilangan kesehatannya karena apapun aktivitas mereka, tentunya akan terganggu bila mereka jatuh sakit. Penyakit umum seperti flu dan batuk saja dapat sangat menjadi penganggu aktivitas sehari-hari. Maka, kita berolah-raga dan melakukan kegiatan yang menyehatkan untuk menghindari penyakit. Seperti misalnya makan makanan sehat secara teratur, lari pagi, mengurangi makanan dan minuman yang mengandung kolesterol tinggi dan lain-lain. Namun semua itu dilakukan untuk mencapai kesehatan fisik semata. Bagaimana dengan kesehatan emosi dan intelektual?

Kesehatan emosi dan intelektual termasuk 2 hal yang penting untuk diperhatikan. Penyakit yang berhubungan dengan emosi dan intelektual manusia disebut juga dengan penyakit kejiwaan. Contohnya adalah stress, depresi, gangguan gairah kejiwaan (mood disorder) bahkan schizophrenia (suatu penyakit kejiwaan yang ditandai oleh gejala seperti halusinasi, delusion, dan paranoia). Penyakit kejiwaan tentunya lebih sulit terdeteksi oleh orang-orang sekitar kita karena proses diagnosanya berbeda dengan cara pemeriksaan penyakit fisik, bahkan penderita penyakit kejiwaan sendiri banyak yang tidak merasakan adanya penyakit di dalam dirinya.

HOW?

Lalu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan emosi dan intelektual? Caranya dengan mengkonsumsi vitamin-vitamin yang telah diformulasikan secara khusus untuk kejiwaanmu.

The Daily Vitamins for the Soul

x. Vitamin A = Attitude (Sikap dan tingkah-laku)

Sikap yang optimis dan realistis akan sangat merubah cara pikir kamu menjadi lebih positif. Apalagi sikap tersebut disatukan dengan rasa syukur yang tinggi setiap harinya. Berterima-kasihlah kepada Penciptamu atas segala yang telah dilimpahkan kepada dirimu. Ingatlah bahwa pikiran kamu menentukan arah sikap dan tingkah-lakumu.

x. Vitamin B-Complex = Beauty (Keindahan)

Tentunya kamu pernah merasakan bosan dan kehilangan inspirasi dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari, kan? Terkadang jiwamu perlu merasakan keindahan dari waktu ke waktu. Contohnya seperti musik, lukisan, puisi, senyuman orang-orang disekitarmu, keindahan alam dan keindahan lain yang terdapat di sekelilingmu. Tanpa kamu sadari keindahan dapat menambah energi dan semangat dalam dirimu untuk mengerjakan segala kegiatanmu.

x. Vitamin C = Courage (Keberanian)

Keberanian juga menjadi salah satu hal penting yang perlu ditanamkan setiap hari didalam dirimu, karena diperlukan keberanian untuk mencoba hal-hal baru dalam hidup, untuk bangkit dari kegagalan, dan untuk berusaha mencapai lebih baik lagi dari hari ini dan hari kemarin. Sometimes, it takes courage just to stay in the game.

x. Vitamin D = Determination (Kemauan)

Bayangkan saja sebuah mobil yang kehabisan bensin. Seluruh bagian dari mobil itu dapat bekerja dengan baik, namun mobil itu tidak dapat pergi kemana-mana, karena tidak mempunyai arah yang dituju. Hal inilah yang akan terjadi apabila kamu tidak mempunyai kemauan dalam hidup. Walaupun jiwa dan fisikmu sehat, tanpa kemauan untuk melangkah, kamu akan sulit untuk mencapai tujuan hidupmu. We all need drive and ambition to work towards our dreams.

Determination is the fuel to get us there.

x. Vitamin E = Excellence (Kesempurnaan)

Mulailah untuk selalu berusaha mencapai kesempurnaan dengan melakukan yang terbaik dalam segala kegiatanmu sehari-hari. Hal yang perlu ditanamkan dalam pikiranmu adalah kamu melakukan semuanya itu untuk kepentingan dirimu sendiri, it’s for your own sake! Dari bangun tidur sampai kamu beristirahat kembali, kesempurnaan adalah salah satu kunci untuk mendapatkan yang terbaik dari kehidupanmu. Why? Because we get out exactly what we put in.

Dengan menanamkan vitamin-vitamin tersebut setiap-harinya dalam dirimu, tentunya jiwamu akan terasa lebih sehat terawat. Yang diperlukan hanya perpaduan antara dorongan dari dalam dirimu dengan usaha untuk tetap mengkonsumsi vitamin-vitamin kejiwaan secara rutin. Remember, practice makes perfect. Semakin rutin kamu ‘minum’ vitamin-vitamin tersebut, semakin sehat dirimu dan jauh dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kejiwaan. 


Semoga Bermanfaat!!
Regards,
STAFF WEB KONSELING

Tidak ada komentar: