Kamis, 01 Januari 2009

NEW YEAR, NEW YOU !!!



Pergantian tahun selalu ditandai dengan suasana kebersamaan, keceriaan, kebahagiaan dan kemeriahan. Jadikanlah momen ini untuk tidak hanya sekedar berbahagia bersama dengan keluarga dan orang terdekat, namun juga momen kebahagiaan untuk diri kita sendiri.

Untuk sebagian besar orang, tahun baru menandakan adanya keinginan untuk berubah, keinginan untuk menjadi lebih baik, keinginan untuk membuang segala hal yang dianggap buruk dan menjadikan tahun baru sebagai awal untuk memulai segala sesuatunya lagi secara lebih baik. Tetapi, ada juga beberapa orang yang merasa sulit sekali untuk memperbaiki, melakukan perubahan, dan memperbaharui diri sendiri.

Meskipun hanya sebagai simbol, tahun baru dapat menjadi saat yang tepat untuk memperbaharui diri kita sendiri. Pembukaan tahun baru menandakan adanya kesempatan atau tenggat waktu (hingga 1 tahun kedepan) bagi kita untuk mencapai dan memenuhi segala keinginan, harapan dan cita-cita yang belum tercapai.

Untuk mempermudah tercapainya harapan dan keinginan kita di tahun baru ini, ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Resolusi → evaluasi diri
Awali tahun baru anda dengan membuat resolusi di tahun 2009. Membuat resolusi sama saja dengan melakukan evaluasi diri. Karena dengan membuat resolusi, secara bersamaan kita mengkoreksi diri kita sendiri akan apa yang baik dan buruk untuk kita serta menelaah keinginan, kebutuhan dan harapan kita akan diri kita sendiri maupun orang lain. Sehingga, dengan membuat resolusi berarti kita mengenali diri kita sendiri secara lebih jauh.

Resolusi dapat berupa keinginan dan harapan yang ingin dicapai, hal-hal yang ingin di rubah/dihilangkan, atau hal-hal yang belum sempat (sedang) dicapai di tahun sebelumnya. Jika merasa bingung dalam membuat resolusi, anda dapat memulai dengan membandingkannya dengan tahun sebelumnya (2008). Fikirkan dan catat hal apa saja yang sudah tercapai di tahun sebelumnya. Kemudian, lanjutkan dengan hal yang belum tercapai pada tahun sebelumnya. Akan lebih baik lagi apabila anda dapat menemukan hal-hal yang belum terpuaskan di tahun sebelumnya. Jadikan hal-hal tersebut sebagai resolusi anda di tahun 2009.

2. Goal setting (penetapan goal)
Setelah membuat resolusi, langkah selanjutnya adalah membuat goal setting. Goal/tujuan merupakan suatu hasil yang ingin diperoleh oleh seseorang. Dengan adanya goal setting, kita dapat memperkecil dan mempermudah tercapainya resolusi kita dengan membuat goal berdasarkan resolusi kita tersebut. Goal sebaiknya dibuat menjadi lebih spesifik dan detil dari pada resolusi agar lebih mudah untuk dicapai. Anda juga dapat menciptakan lebih dari 1 goal untuk 1 resolusi. Setelah membuat goal, catat usaha-usaha atau sasaran tingkah laku apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai goal tersebut (baik yang sederhana maupun yang sulit).

Contoh 1:
- Resolusi 2009: mengurangi berat badan
- Goal: sebelum pertengahan tahun harus dapat mengurangi berat badan sebanyak 10 kg.
- Usaha/sasaran tingkah laku: menghindari makanan berkalori tinggi, melakukan olah raga 3 kali seminggu selama 30 menit, memperbaiki gaya hidup dengan cara bangun pagi dan makan teratur setiap harinya dll.

Contoh 2:
- Resolusi 2009: lulus kuliah
- Goal: menyelesaikan skripsi pada bulan Juli
- Usaha/sasaran tingkah laku: bangun pagi untuk masuk kuliah setiap hari, mencari referensi skripsi setiap pulang kuliah, bertemu dengan dosen pembimbing setiap hari senin dll.

Contoh 3:
- Resolusi 2009: memiliki pendapatan / gaji yang lebih tinggi
- Goal: membuat suatu usaha mandiri sebelum akhir tahun
- Usaha/sasaran tingkah laku: melakukan riset akan usaha-usaha yang menguntungkan, mengumpulkan modal, menyisihkan waktu luang tiap akhir minggu untuk melakukan up date dari usaha yang akan dilakukan dll.

Dengan adanya goal setting, pencapaian keinginan dan harapan dapat lebih mudah dicapai karena goal setting berfungsi sebagai panduan atau petunjuk atas tingkah laku atau kegiatan yang harus anda lakukan setiap harinya untuk mencapai goal anda dan memenuhi resolusi yang telah anda buat.

Goal setting membantu anda untuk selalu keep track akan tingkah laku anda dan sudah sejauh mana anda menuju goal. Dengan begitu, anda akan lebih terdorong dan termotivasi untuk mencapai goal anda.

3. Komitmen
Anda tentunya harus membuat komitmen pada diri anda sendiri, karena seberapapun mudahnya resolusi dan goal yang anda ciptakan, tidak akan berhasil apabila tidak ada komitmen dari diri anda sendiri untuk memenuhi dan menjalankan resolusi serta goal tersebut. Komitment harus muncul dan anda ciptakan dari diri anda sendiri. Anda harus berjanji pada diri anda sendiri bahwa anda akan menjalankan setiap usaha yang telah anda tetapkan untuk mencapai goal dan resolusi anda.

Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga komitmen pada diri sendiri adalah, mencari motivasi terkuat dari dalam diri anda untuk mencapai resolusi atau goal anda (contoh, motivasi terkuat untuk lulus kuliah tahun ini adalah membahagiakan orang tua). Dengan adanya motivasi (alasan) yang kuat untuk mencapai goal anda, maka anda tidak akan dengan mudah melanggar goal anda. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan punishment (hukuman) apabila anda melanggar kegiatan yang seharusnya mendekatkan anda pada goal anda.

4. Reward
Komitmen hendaknya disusul dengan reward. Jangan lupa untuk memberikan reward (penghargaan) untuk kegiatan positif yang mendekatkan anda pada goal anda. Reward dapat diberikan untuk setiap kegiatan atau tingkah laku yang telah anda tetapkan sebagai usaha dalam mencapai goal atau dapat anda berikan pada saat resolusi dan goal anda telah tercapai. Apapun bentuk reward yang anda berikan, reward akan memberikan anda semangat dan motivasi untuk mencapai goal anda. Sebaliknya, komitmen tanpa reward tidak akan akan memotivasi anda untuk tetap gigih mencapai goal, karena tidak ada feedback positif yang anda dapatkan dari perilaku anda yang positif. 

Akan lebih baik lagi apabila pada awal tahun ini anda memberikan reward pada diri anda sendiri akan pencapaian yang telah anda lakukan di tahun sebelumnya (2008), dengan begitu, reward ini akan berfungsi untuk meyakinkan diri anda sendiri bahwa anda akan mendapatkan reward lagi di waktu mendatang apabila anda memenuhi goal dan resolusi anda.  


Dengan adanya langkah-langkah ini, diharapkan akan mempermudah kita mencapai misi kita tahun ini yaitu memenuhi goal dan resolusi yang kita tetapkan untuk diri kita sendiri, sehingga kita dapat menjadi orang yang lebih baik lagi dan berkualitas.

Selamat mencoba & sukses di tahun baru !!!
Seluruh staff webkonseling mengucapkan selamat tahun baru!!

STAFF WEB KONSELING

Tidak ada komentar: