Sabtu, 04 Juni 2011

Kurangi Stres SEKARANG!

Stres bisa datang dari mana saja. Setiap orang memiliki sensitifitas yang berbeda terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan stres. Stres juga merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit fisik pada tubuh Anda. Oleh karena itu, jagalah diri Anda dari hal-hal yang dapat membuat Anda stres dengan melakukan beberapa perubahan dalam hidup Anda saat ini juga. Dibawah ini merupakan tips-tips yang dapat membantu Anda meminimalisasikan stres. Pilihlah tips yang sesuai dengan diri Anda masing-masing.

Ganti makanan Anda
Sudah saatnya anda memperhatikan asupan makanan Anda setiap hari karena makanan yang sehat mempengaruhi kesehatan jiwa Anda. Tinggalkan junkfood/siap saji dan beralih kepada makanan 4 sehat 5 sempurna.

Tidur cukup
Kurang tidur juga merupakan salah satu yang dapat menimbulkan stres, karena fisik yang lelah tidak dapat berfungsi secara maksimal. Tubuh yang lelah akan lebih sensitif dalam menerima stimulus dari luar, sehingga hal-hal kecil yang seharusnya bisa Anda tanggapi dengan tenang, bisa menimbulkan reaksi emosi yang mengarah pada stres.

Olah Raga
Berolah raga membantu tubuh Anda agar lebih rileks dan melemaskan otot-otot yang kaku. Ketika tubuh merasa lebih rileks, maka pikiran Anda pun akan terasa demikian. Cari jenis/tipe olah raga yang sesuai dengan kepribadian Anda sehingga Anda bisa menikmati hasilnya.

Memanjakan Diri Sendiri
Biasanya Anda yang telah menikah atau berkeluarga akan merasakan rindunya mendapat waktu untuk diri sendiri. Berikanlah waktu untuk diri Anda sendiri sesekali dalam sebulan untuk keluar dari rutinitas yang selalu menanti Anda di rumah maupun di pekerjaan. Anda berhak untuk menikmati kesendirian tanpa diganggu gugat oleh siapapun. Hal ini bisa membantu menenangkan pikiran Anda dan mengurangi stres yang mungkin didapat dari rutinitas Anda.

Buang Pikiran Buruk
Anda pasti pernah berbicara pada diri sendiri mengenai hal-hal yang negatif, misalnya "masalah ini tidak ada jalan keluarnya" "aku tidak kuat menghadapi ini" "aku ingin mati saja" "kenapa hal ini terjadi padaku?" dan lain sebagainya. Anda harus bisa mengganti kata-kata tersebut dengan "aku pasti bisa melewati semua ini" "aku adalah seseorang yang kuat" "pasti ada hikmah dan kebahagiaan dibalik semua ini" "aku memiliki tujuan hidup yang mulia" dan lainnya. Kata-kata negatif di dalam pikiran Anda merupakan salah satu faktor yang kuat sebagai penyebab stres. Maka, singkirkanlah pemikiran negatif karena hal tersebut tidak penting untuk diri Anda.

Komunikasikan Perasaan
"Curhat" atau membagi perasaan pada orang terdekat yang dipercaya kan sangat membantu Anda untuk mengurangi stres. Namun, Anda harus pintar memilih siapa yang menjadi teman curhat Anda dan jangan sampai teman curhat Anda tidak bisa dipercaya dan malah menyebabkan masalah baru atau sumber stres baru. Mengkomunikasikan perasaan juga dapat berupa tulisan, karangan lagu, lukisan, gambar, dll.

Bantu Orang Lain
Membantu orang yang sedang membutuhkan bantuan akan membuat diri Anda merasa berguna dan merasa lebih bersyukur karena masih dapat membantu orang lain. Artinya Anda masih memiliki produktifitas sebagai individu yang dapat meringankan beban orang lain. Merasakan kepuasan pada diri sendiri akan sangat mengurangi stres di dalam diri Anda.

Jangan Berbuat Sesuatu yang Bodoh dengan Sengaja
Hindari berbuat sesuatu hal yang tidak dapat Anda pertanggung-jawabkan atau mengarahkan Anda untuk berbohong kepada seseorang. Beban untuk berbohong atau menutupi kesalahan yang tidak ingin diungkapkan akan menyebabkan diri Anda menjadi stres karena dengan tidak disadari Anda menggunakan energi yang banyak untuk dapat selalu menutupi beban tersebut agar tidak terlihat/ketahuan orang lain.

Buat Jadwal Kegiatan
Dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari, Anda akan merasa lebih produktif dan efektif mengerjakan pekerjaan Anda.

Rapihkan Rumah dan Lingkungan Kerja
Dengan menata dan merapihkan rumah atau lingkungan kerja Anda, Anda mengetahui barang-barang Anda dan dimana Anda menyimpannya. Hal ini dapat mengurangi stres apabila Anda harus mencari benda-benda yang kecil dan tidak tahu dimana Anda meletakkannya. Apalagi bila Anda dalam keadaan terburu-buru.

Tidak ada komentar: